Jumat, 27 Maret 2009

Sirorsis Hati bisa Serang Usia Muda


Sirorsis hati, nama yang indah. Namun akibatnya bukan hanya kerusakan hati menjadi mengerut, tetapi fungsi pun terangganggu. Sirosis hati terjadi karena proses peradangan menahun(Kronis) dihati, yang membuat banyaknya sel hati mati serta terbentuknya jarinan ikat(Parut). Jaringan ikat inilah yan mengakibatkan hati semakin menciut.

Menurut data, penyakit ini paling banyak terjadi pada usia tua 31-50. Belum pernah ditemukan penderita anak balita, namun sering ditemukan pada usia produktif,20-30 tahun dan penyakit ini menjadi momok yang sangat menakutkan.

Gejala tidak khas

Sirosis hati memudahkan timbulnya infeksi diorgan lain sperti diParu-paru, Saluran kencing, Saluran pencernaan atau bahkan bisa juga merembet Ke Lambung, Ginjal dan Pankreas. Gejala sirosis hati sulit untuk dideteksi. Pada tingkat awal, keluhannya merasa tubuh tidak fit, serin demam dan nasu makan menurun. Kemudian muncul keluhan di saluran pencernaan seperti rasa kembung dan mual. Adakalanya gejala sirosis hati bisa dilihat dari pendarahan pada gusi atau mimisan. Ini terjadikarena terganggunya faktor pembekuan darah.

Perlu Penanganan Cepat

Bila terjadi pendarahan perlu penanganan cepat, namun sebelum tindakan diambil, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan untuk menilai apakah fungsi hati masih baik. Sirosis bisa saja memburuk jadi kanker hati, tapi membutuhkan waktu lama,5-10tahun. Ini nterjadi bila proses sirosis terus berjalan. Selain pemeriksaan fisik dilakukan dengan USG, yang didukung oleh periksaan laboratorium untuk menilai SGOT dan SGPT.

1 Komentar:

Pada 30 Maret 2009 pukul 00.15 , Blogger Sudrajat Senda mengatakan...

sUARA hATI

8 (delapan) langkah memilih dalam Pemilu 9 April 2009
Pemilu Legislatif 9 April 2009 nanti. Luar biasan ukuran kertas suaranya adalah kertas A0 dengan jumlah partai sebanyak 38 partai. Luar biasa. Berapa lama nanti kita berada di bilik suara? Dengan kertas sebesar itu…
Menghitung tahapan dalam pemilihan itu, saat kita berada di TPS.
Berikut adalah tahapan dalam pemilihan tersebut ;
1. Daftar ulang ke KPPS dan tunggu panggilan
2. Ambil kertas suara dan menuju bilik suara
3. Perhatikan cover kertas suara Warna HIJAU
4. Buka lipatan kertas suara 2 kali
5. Buka lembar pertama dari kertas suara itu
6. tandai partai berlambang bulan sabit kembar no.8 atau caleg No.Urut 11 yang ada di partai itu
7. Lipat kembali surat suara itu
8. Menuju kotak suara dan masukkan.
Begitulah kira-kira yang saya buat untuk melakukan pemilihan saat pemilu 9 April 2009 nanti. Jadi tidak perlu sibuk dan berlama-lama di bilik suara karena kita tidak membuka surat suara sepenuhnya…
Selamat Memilih…
Gunakan hak pilih Anda dengan sebaik-baiknya…

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda